Setiap keluar varian bis baru, selalu muncul pertanyaan dari
dulur-dulur BMC bagaimana cara membedakan varian tersebut dengan varian
yang lainnya terutama jika sudah diberi body. Rada susah memang, karena
sekarang ini demi berbagai alasan teknis dan efisiensi para produsen bis
rata-rata membuat beberapa varian bis diatas platform chassis yang
sama. Bahkan termasuk dashboard dan steering wheel yang digunakan.
Padahal dulunya dashboard dan steeering wheel inilah yang kita gunakan
untuk pembeda suatu varian chassis.
Lihat saja antara Hino
RK8 R235 vs R260 yang sama persis kecuali nomor seri mesin yang
tercetak di blok mesin. Lalu SCANIA K310IB vs K380IB yang hanya beda
pada jumlah silinder mesin. Chassis, dashboard dan steering wheelnya
sama persis.
Apalagi di Mercedes-Benz. Saat ini ada 4
varian chassis yang dashboardnya sama persis walaupun panjang chassisnya
berbeda yaitu : OH-1518 E3, OH-1521 E3, OH-1526 dan OH-1626.
Di
tulisan sebelumnya sudah saya sampaikan, kalau selama ini para
penggemar bis sudah cukup kesulitan membedakan OH-1525 dengan OH-1526
jika hanya melihat dari luar dengan kondisi sudah diberi body, maka
untuk membedakan OH-1626 dengan OH-1526 akan lebih sulit lagi.
Spesifikasi mesin sama, dashboard dan lingkar kemudinya sama persis, as
roda belakang juga sama. Di bagian radiator compartment juga terlihat
sama .... ada radiator, intercooler, transmission oil cooler dan water
separator yang penempatannya sama persis dengan OH-1526. Memang ketika
masih berupa chassis, overhang belakang OH-1626 panjangnya 3360mm atau
10mm lebih panjang dibanding overhang chassis OH-1526 yang hanya 3350mm.
Tapi ketika sudah diberi body siapa yg bisa membedakan selisih yang
hanya 1 cm tanpa memakai alat ukur ?
Tapi tenang saja...
Masih tetap ada bagian yang bisa dipakai untuk membedakan walaupun tidak
mudah dan perlu ketelitian untuk melihatnya. Silahkan simak dengan
teliti foto-foto berikut.
Bagian-bagian yang berbeda itu adalah ....
1. GARDAN
Gardan OH-1626 bulat halus. Sedangkan gardan OH-1526 terdapat kisi-kisi pendingin sama dengan gardan OH-1525.
Gardan OH-1626 : bulat halus
Gardan OH-1526 : ada kisi-kisi pendingin
2. ALTERNATOR
Alternator
adalah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.
Alternator berfungsi untuk mengisi battery (Aki) dan mensupply kebutuhan
listrik untuk peralatan-peralatan lainnya. Salah satu perbedaan OH-1626
dan OH-1526 adalah jumlah alternatornya. OH-1626 memiliki 2 alternator,
sedangkan OH-1526 hanya punya 1 alternator (lingkaran kuning). Untuk
melihat alternator ini harus ketika chassis masih belum diberi body,
atau dengan membuka tutup mesin jika sudah diberi body.
OH-1626 memiliki 2 alternator
OH-1526 hanya memiliki 1 alternator
3. STABILIZER & SUSPENSI
Stabilizer
OH-1526 terbuat dari baja batangan utuh yang dibending. Suspensinya
memakai trapezoid leafspring yang lengkungnya negatif. Stabilizer
OH-1626 pada bagian arm-nya terbuat dari besi pelat yang disambung dg
tubular steel. Suspensinya memakai Air Suspension yang langsung
menyangga chassis utama (seperti Volvo B7R), Tidak seperti SCANIA
K-Series atau Air Suspension rakitan Adi Putro yang menyangga cross
member. Air Suspension OH-1526 memakai 2 stabilizer (kiri & kanan).
Untuk Air Suspension yang menyangga crossmember (SCANIA K Series, Airsus
rakitan AP, OH-1830) stabilizernya ada 4.
Stabilizer & suspensi belakang OH-1526
Stabilizer & suspensi belakang OH-1626
4. BRAKE CHAMBERS BELAKANG
Sama
dengan bis-bis Mercedes-Benz yang lain, rem OH-1626 sudah memakai
sistem full air dual circuit. Brake chambers belakang dengan sistem full
air memiliki bentuk yang besar karena memiliki 2 ruangan yaitu untuk
"service brake" dan ruangan yang berisi pegas bertekanan untuk
"emergency brake/parking brake". Brake chambers OH-1526 terdapat saluran
pipa udara dibagian depannya, sedangkan pada OH-1626 tidak. Brake
Chambers OH-1626 posisinya lebih rendah dibanding brake chambers
OH-1526. Simak an perhatikan foto-fotonya ....
DAIHO sbg part High Quality untuk Truck dan Bus
BalasHapus